Posts from the ‘Happy Cooking’ Category

Bekal makanan penuh cinta :D

Adalah salah satu impianku dalam hidup bisa membuatkan makanan yg lezat buat keluarga kecilku nanti..
Kelak jika telah berkeluarga aku ingin memanjakan mereka dengan olahan masakan kreasiku..
Akan ku sajikan hidangan spesial yg dimasak dengan bumbu cinta dan kasih sayang setiap harinya *uhuukk :p
Aku jg akan membawakan mereka bekal makanan, tentunya bekal makanan yg unik..
Oleh karena itu entah kenapa aku sukaa sekali belajar ngebento saat ini..

Bento itu adalah adalah istilah bahasa Jepang untuk makanan bekal berupa nasi berikut lauk-pauk dalam kemasan praktis yang bisa dibawa-bawa dan dimakan di tempat lain. Seperti halnya nasi bungkus, bentō bisa dimakan sebagai makan siang , makan malam, atau bekal piknik, tapi dengan hiasan yg cantiik..

*Suatu hari akan kubuatkan bekal makanan yang seperti ini spesial untuk kamu setiap hari nya sebelum kamu berangkat kerja :p

Atau bekal makanan yg lucu seperti yg ini buat anakku ketika dia sudah mulai sekolah nanti πŸ™‚

* Poto- poto diambil dari album salah satu temen di socmed –> http://www.facebook.com/media/set/?set=a.366464823385556.89034.100000661233970&type=3

Advertisements

Orderan Birthday Cake Perdanakuu^^

Gegara bikinin kue ultah yg pake barbie untuk keponakanku waktu itu, sekarang malah dapet kepercayaan untuk buatin kue ulang tahun nya siswaku hari ahad ini..

Serasa ga percaya siy ada yang order..

Pas ditelpon mamahnya tempo hari, sempat bingung mau di ambil ga yaa kesempatan ini, soalnya jujur nihh ga percaya diri n ga ngerasa punya kemampuan untk bikin kue ultah..Ntar kalo sampe bikin kecewa gimana? kalo sampe yg order ga puas gimana?? * huaaa.. bingung tingkat dewa*

Tapi lagi2 ibuku lah yg meyakinkan kalo aku pasti bisa, kata ibu buktinya kue ultah Nada yg waktu itu ku buat rasanya enak dan cantik lg penampilannya ..

Di puji kayak gitu rasa PD ku bangkit doonk, ibuku emang paling pinter dehh buat meyakinkan anaknya..

dan akhirnyaaaa…. taraaaaaaa… inilah dia orderan perdanakuu^^

Lucu kaaan?
itu atasnya emang sengaja di request sang mamah karna anaknya suka sama Mickey Mouse..

Alhamdulillah legaa dehh, ternyata kalo kita percaya diri n optimis pasti bisa ngelakuin sesuatu yg kita anggap ga mungkin..
Besok besok kalo ada yang order lagi sepertinya akan dipertimbangkan dehh..hehe πŸ˜€
lumayan kan daripada lu manyun di malem minggu kagak ada kerjaan cittt, mndingan diisi dgn hal2 yg bermanfaat πŸ™‚

Risoles daging sayuran

Hari minggu itu hari memasak sedunia.. Biasanya kalo hari minggu pasti disempat2in buat ngubek ngubek dapur dari pagi..
Seperti hari ini, habis sholat subuh kelaperan, buka kulkas ngintip ada bahan apa ajah yg bisa dijadiin makanan buat sarapan pagi, dan akhirnya bikin Risoles daging sayuran

Bahan:

Kulit:

100 gr tepung terigu
1/2 sdt garam
1 btr telur
175 ml susu cair ( aku pake santan siap pakai)

Isi:

100 gr daging cincang ( aku ganti dgn kornet kalengan)
150 gr kentang
100 gr wortel
10 btr bawang merah
3 sng bawang putih
garam, merica, gula secukupnya
1 sdm seledri, iris halus
1 sdm terigu, larutkan dengan sedikit air

Pencelup:

1 btr telur, kocok
tepung panir

Cara membuat:

– Kulit: Campur semua bahan hingga menjadi adonan yang halus. Kemudian buat kulit satu persatu diatas wajan teflon 17 cm. Sisihkan.

-Isi: Haluskan bawang merah, bawang putih, garam dan merica. Kemudian tumis hingga harum. Masukkan daging, aduk sampai berubah warna. Tambahkan kentang dan wortel. Tuang sedikit air, masak sampai kentang dan wortel cukup matang. Masukkan seledri, aduk rata. Masukkan larutan terigu, aduk,angkat dan sisihkan.

– Penyelesaian:Isi setiap kulit dengan 1 sdt isian. Lipat seperti amplop memanjang. Celupkan ke dalam telur kocok, kemudian gulingkan ke tepung panir. Goreng hingga kecoklatan. Hidangkan bersama cabe rawit.

Have a nice nice Breakfast ciitt ^^

Putri Ayu

Liat potonya cantikk kan ? putri ayu nya warna warni, biasanya kan hanya warna ijo pandan doaank..hihi
emang siy banyak yg jual pas bulan ramdhan ini, tp buatan sendiri itu ternyata lebihmemuaskan ^^

Bahan :
3 btr telur
1/4 sdt garam
75 gr gula pasir
1 sdt emulsifier
1/2 sdt baking powder
1/2 gelas belimbing tepung terigu protein sedang
1 gelas belimbing tepung beras
100 ml santan dari 1/2 btr kelapa, rebus (ukur 75 ml) (saya pake 2 sachet santan kara)
25 ml air daun suji dari 30 lbr daun suji dan 2 lbr daun pandan (—- saya : pasta pandan n stoberry)

Bahan kelapa :
100 gr kelapa parut panjang
1 lbr daun pandan
1/4 sdt garam

Cara Membuat :
1. Sendokkan kelapa di dasar cetakan putri ayu yang dioles tipis minyak, sisihkan
2. Kocok telur, garam, gula dan emulsifier smp mengembang.
Masukkan tepung terigu, tepung beras, dan baking powder sambil diayak dan diaduk rata.
3. Tambahkan santan dan smbl diaduk perlahan.Bagi adonan menjadi 3 warna, putih, hijau dan pink dgn masing2 diberi pasta
4. Tuang di cetakan yang sudah dilapis kelapa selapis demi selapis
5. Kukus 12 menit dengan api sedang smp matang

My PiZzaa ^^

Image

Dari kemaren2 kepengeeeenn banget makan pizza, gegaranya niy di salah satu grup masak di fesbuk banyak banget ummahat2 yg upload poto2 pizza.. huaaa kan jadinya mupeng 😦

Akhirnya nekadlah bikin pizza sendiri, padahal sebelumnya kaga pernah buat pizza..

tanpa babibu lg, hr itulah langsung caw ke supermaket deket rumah buat nyari bahan2 yg biasa digunain bikin pizza..

And finally.. jadilah pizza perdanakuu.. πŸ™‚

Image

rasanya uenaaakkk pisan euyy, yaa seenggaknya itu menurutku..hihi
buatnya jg gampang walaupun tanpa oregano siy..

ini niy resepnyaa^^

Bahan Roti:
200-250 gr terigu protein tinggi
1 sachet ragi (fermipan) yg ukuran kecil
1 sdt garam

1 sdt gula pasir
3 sdm olive oil atau minyak sayur jg gpp
150ml air dingin

Bahan Topping:
1 siung bawang bombay
1 siung bawang putih
Sosis ayam/sapi/ keduanya
Jamur
Daging cincang
Mozzarella
Saus tomat

Cara buat :
1. Campur air dengan ragi, kemudian diamkan selama sepuluh menit sehingga ragi akan mulai larut mulai larut.
2. Campur semua bahan menjadi satu kemudian tambahkan campuran air dan ragi diatas. Aduk semua bahan-bahan tersebut dengan tangan atau mesin pengaduk roti sampai terbentuk adonan berupa bola. diamkan kurleb 20 menit
3. tumis semua bahan2 toping
4. Taburkan tepung ke tempat anda kita membuat adonan, sehingga adonan tidak lengket dit4 tersebut. Letakkan bola adonan diatas taburan tepung tadi.
5. Usapkan tangan dengan tepung sebelum menguleni adonan. Setelah memijat dan mengaduk adonan kurang lebih selama dua atau tiga kali, kemudian pipihkan bahan tadi dengan tangan. Gunakan rolling pin untuk meratakan adonan sesuai dengan ketebalan yang diinginkan.
6. aturlah toping yg sdh dihias td dgn sedemikian rupa, tambah saus tomat n cabe kalo mau pedes n taburi parutan keju n potongan keju mozarella..
7. panggang dlm pan tertutup rapat diatas api yg sangat kecil
8. setelah matang, angkat n taburi lg dgn parutan keju

Β 
Β 

Pempek ^^

pempek ini makanan favorit di keluarga besarku..
secara keluarga ku adalah orang Palembang asli, jd tiap hari selalu ada pepmpek dirumah, bahkan selama Ramadhan ini pempek selalu ada di setiap menu sahur dan berbuka..
bikin pepmpek itu gampaaaang bgt.. gini niy caranya ^^

Resep Pempek
Bahan :
1 kg daging ikan
500 ml air
1 kg sagu cap udang
1 sdm gula pasir
2 sdm garam halus

Cara Membuat :
Aduk daging ikan, air, gula, garam dgn rata sekali hingga ikan menyatu..
ambil adonan ikan kira2 1 mangkuk, ambil sagu kira2 1 mangkuk, aduk2 rata jgn terlalu lama di uleni..
Bentuk adonan yg menggumpal gulung panjang..
Siapkan air yg telah mendidih diatas kompor, rebus pempek hingga mengapung, angkat dan tiriskan..