Waktu itu dalam suatu majlis pekanan ada salah seorang adik yang bertanya padaku tentang tips dalam menghadapi ujian atau cobaan. hmm gimana ya? Aku enggak punya tips khusus ataupun jitu dalam menghadapi ujian atau cobaan dari-Nya, aku hanya mencoba meikmati setiap Cobaan saja.
Loh kok cobaan dinikmati? yah abis kalo kita mengeluh, menolak, ataupun menghindar, cobaan itu tetap ada kan?..Mau kita meronta-ronta kayak gimanapun menolak cobaan itu, tetap tidak akan hilang “tring” kayak di sulap jin iklan..

Oleh karna itu saya lebih memilih untuk menikmati cobaan, bukankah cobaan itu juga merupakan nikmat dari Allah, jangan salah sangka ya.
Bingung ya kenapa cobaan itu nikmat-Nya? nih ketika dikasih cobaan sesungguhnya Allah sedang mendewasakan kita.Ketika diberi cobaan, sesungguhnya Allah sedang mengangkat dosa-dosa kita sehingga dosa-dosa kita berkurang. Saat diberi cobaan pula, Allah menunjukan pada kita bahwa ada nikmat lain yang kadang tidak kita sadari.

Saat diberi cobaan, kita berlatih untuk bersikap bijak dan melatih mental kita agar menjadi mental Berlian.Dan terakhir, saat cobaan itu datang sebetulnya akan ada kebahagiaan yang mengiringinya dan datang pada kita setelahnya. Serta masih banyak lagi alasan kenapa kita harus meikmatiCobaan.
terus gimana caranya agar kita bisa menikmati cobaan itu? hmm *mikir*

Aku selalu yakin dengan firman – firman Allah tentang ujian atau cobaan yang Dia berikan pada hamba-Nya itu. Berikut petikan petikan dalam Al-Qur’an yg menjelaskan tentang Ujian dari Allah :

    “…Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yang sebenar-benarnya)…..” (Q.S 21:35)
    ” Allah tidak membebani seseorang kecuali sesuai dengan kesanggupannya…” (Q.S Al-Baqarah : 286)
    “Sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan.” (Q.S Al-Insyirah : 5-6)
    “Janganlah kau bersedih hat. Sesungguhnya Allah bersama kita.” (Q.S At-Taubah : 40)

    “Jika kamu membantu (agama) Allah, niscaya Dia akan membantumu dan meneguhkan kedudukanmu.” (Q.S Muhammad : 7)


Jadi jangan berharap hidup kita tiada cobaan karna itu sama saja dengan berharap kita mati.Jangan pula kita minta agar masalah itu selalu mudah, karna itu tidak akan menguatkan diri kita.Berharaplah agar kita selalu dikuatkan dalam menghadapi setiap ujian dan cobaan.

Yang perlu diinget nih masalah kita mungkin besar, namun ingatlah masih ada Allah Yang Maha Besar. Tak perlulah kita takut lagi.Mulai sekarang kita belajar menikmati Cobaan, jangan lagi lari atau menolak, itu sikap orang lemah dan pengecut, bukankah kita ini insan yang kuat.
Kita mungkin bisa lari dari masalah, namun kita tidak akan bisa menghindari konsekuensi dari menghindari masalah itu.
So Selamat menikmati ujian kawan 🙂

Advertisements