Bahagianya menjadi seorang guru :))

Dunia pendidikan adalah dunia yang kuimpikan sedari dulu. bahagia rasanya bisa berbagi ilmu dengan anak-anak dan melihat mereka menjadi lebih baik dari hari ke hari
Pastinya sangat menyenangkan ya jika memiliki banyak orang yang kita cintai dan merekapun mencintai kita. Aku beruntung sekali rasanya, belum menikah tapi sudah mempunyai anak hingga puluhan orang, anak-anak disekolah, juga anak-anak di TK/TPA Masjid Nurul Falah..
:))

Setiap hari aku berinteraksi dengan mereka. kepolosan, keceriaan, kelucuan, kenakalan dan uniknya tingkah laku mereka yang membuat hari-hari ini semakin berwarna.. Itulah bahagianya menjadi seorang guru, meski berat, tapi ini amanah. Sama halnya dengan seorang pilot yang diamanahi untuk mengantarkan penumpangnya selamat sampai tujuan. Guru juga sama, menerima amanah agar anak-anak bisa meraih cita-citanya di hari depan, bukan hanya membuat mereja cerdas secara intelektual tapi jg mendidik agar mereka berbudi perkerti dan berakhlak baik..
Aku bahagia menjadi guru karena dengannya aku bisa banyak belajar ..belajar tentang Ilmu, belajar tentang sosial. dan belajar bersabar dalam keikhlasan
Kadang, buat sebagian orang menjadi seorang guru adalah profesi dgn penghasilan yg kecil, tapi bagiku urusan gaji, honor, penghasilan itu bukan prioritas utama bekerja. Ada harga yang tidak terbayar dengan rupiah ketika menjadi seornag guru yaitu skill yang semakin berkembang, kebermanfaatan buat sekeliling, dan bisa bekerja dengan jiwa, itu lebih dari cukup )
Dan saat ini aku sangat bahagia dengan duniaku, aku tidak pernah menyesal telah memilih dunia ini.Sekali lagi kukatakan bahwa aku bahagia menjadi seorang guru 

DSC02105

DSC02104

Hey Kamu..! :))

Hey kamu..
Kamu tahu mengapa aku sering berada lebih banyak di dapur saat waktu luangku?
Tak lain tak bukan supaya ku bisa membuatkanmu makanan-makanan yang akan menjadi menu favoritmu kelak.

Kamu tahu mengapa aku banyak membaca buku dengan banyak tema yang berbeda?
Ini hanyalah supaya ku dapat menjadi teman mengobrolmu yang memang juga suka buku.

Kamu tahu mengapa akhir-akhir ini aku belajar menjahit?
Karena dari menjahit, ku belajar kesabaran dan ketekunan. Ini kurasa adalah modal yang baik untuk menjadi pendampingmu kelak.

Kamu juga tak tahu persis kan? mengapa aku sering melahap pelajaran-pelajaran dimanapun itu.
Itu karena aku ingin menjadi arif dan terpelajar sehingga aku bisa meneruskan seluruh pelajaran ini pada mereka. Anak-anak kita.

Kau lihatku tunduk pada kedua orang tuaku, dan kau tanya mengapa?
Yah, ini kan supaya aku terbiasa untuk menurut. Sebagai latihan. Agar kelak ku pun bisa menurut dengan perkataanmu.

Dan mungkin kau masih tak habis pikir mengapa ku semakin memperdalam agama…
Ini hanya supaya aku mendapat surga bersamamu. Hanya ingin supaya rasa dalam hati ini akan berujung pada apa yang kita inginkan bersama, surga dan ridha dari-Nya.

* Untuk kamu seseorang yang belum bernama*

Hati hati menjaga hati !!

tumblr_m5weeiIb9J1r922azo1_500

      “Menjaga lebih baik daripada mengobati terutama untuk urusan hati, jadi hati hatilah membawa hati jangan sampai jatuh hati..
      Semoga Allah SWT senantiasa melindungi kita, menjaga hati kita agar selalu berada dijalan-Nya degan penuh keridhoan dan keikhlasan. Semoga Allah SWT juga menetapkan hati kita dengan penuh kebijaksanaan. Bukan demi keinginan kita tapi karena kebutuhan dan kebaikan kita kedepan.”
      Smangat menjaga hati ya ukh ^^

Itu adalah pesan singkat yg dikirimkan oleh saudaraku kemarin malam..
Entahlah apa maksudnya mengirimkan pesan tersebut kepadaku, apakah hanya kebetulan atau memang sengaja ingin menasehatiku, yg jelas ketika membaca pesan singkat itu aku merasa bagaikan di tampar dengan pukulan yang amat keras, tiba-tiba saja mata jadi memberat, seperti uap air yang telah terkondensasi menjadi awan, tak sanggup lagi menahan bebannya dan ingin jatuh sebagai hujan..
ya, ada yang salah dengan hati ini, ada yang salah..

Aku memang tidak sedang jatuh hati pada siapapun juga tidak sedang meletakkan hatiku pada seseorang, sama sekali tidak, karena aku tau bahwa hati mudah untuk bereaksi. Ia sangat sensitive layaknya kulit bayi. Mudah tergores dan mudah teriris. Mudah tersengat dan mudah terluka. Ia peka akan lingkungannya. Hal sekecil apa pun dapat mempengaruhinya. Hati juga tidak dapat berbohong, tidak ada yang bisa membohonginya pula. Ia akan jujur pada setiap keadaan. Oleh karena itu aku tidak ingin bermain main dengan hati..

Tapi, mengapa ketika mendapati nasehat untuk tidak berinteraksi yg berlebihan, untuk selalu membuat pagar yg tinggi pada hati, seketika ada yg bergejolak di dalam dada..
apakah mungkin aku sudah tidak bisa mendeteksi hati ini ya Robb? sehingga malah orang lain yg bisa membaca gerak gerik di hati ini..

Tidak, sekali lagi ku tegaskan bahwa aku akan menutup rapat rapat pintu hati ini dan hanya akan membukanya dengan izinMu ya Allah..

Ya muqallibal qulub, tsabbit qalbi ‘ala diinik…

Allaahumma Musharrifal Quluub, Sharrif Quluubanaa ‘Alaa Thaa’atik

Wahai Dzat yang membolak-balikkan hati, teguhkan hati kami di atas agama-Mu.
Ya Allah yang mengarahkan hati, arahkanlah hati-hati kami untuk taat kepadamu.

Hujan

    Hujan…
    Aku ingin seperti hujan..
    yang di harapkan turunnya saat kemarau..
    Aku ingin seperti hujan..
    yang memberikan kesejukan dikala gersang..

    Hujan..
    Aku ingin seperti hujan yg membawa kedamaian..
    Aku ingin seperti hujan yg hadirnya bagaikan oase yang menyegarkan dan mendinginkan..

    tumblr_mdwkycElRp1rh1wv4o1_500

    Hujan..
    Tetesan air yang ditumpahkan dari langit itu selalu membawa cerita tersendiri..
    Hujan selalu membawa kenangan,
    mengingatkan tenntang cerita masa lalu,
    saat masih kanak -kanak rela di marah ibu hanya demi bermain hujan bersama teman,
    bahkan rela sakit hanya untuk merasakan sensasi hujan yang menyenangkan..

    Hujan..
    Selalu mendapat tempat tersendiri di hatiku..
    Mengingatkan akan masa kecil yang bahagia kala bersama ayah..
    karenanya selalu ada senyuman di saat hujan turun..
    Aku cinta hujan ..

Menikmati Cobaan

Waktu itu dalam suatu majlis pekanan ada salah seorang adik yang bertanya padaku tentang tips dalam menghadapi ujian atau cobaan. hmm gimana ya? Aku enggak punya tips khusus ataupun jitu dalam menghadapi ujian atau cobaan dari-Nya, aku hanya mencoba meikmati setiap Cobaan saja.
Loh kok cobaan dinikmati? yah abis kalo kita mengeluh, menolak, ataupun menghindar, cobaan itu tetap ada kan?..Mau kita meronta-ronta kayak gimanapun menolak cobaan itu, tetap tidak akan hilang “tring” kayak di sulap jin iklan..

Oleh karna itu saya lebih memilih untuk menikmati cobaan, bukankah cobaan itu juga merupakan nikmat dari Allah, jangan salah sangka ya.
Bingung ya kenapa cobaan itu nikmat-Nya? nih ketika dikasih cobaan sesungguhnya Allah sedang mendewasakan kita.Ketika diberi cobaan, sesungguhnya Allah sedang mengangkat dosa-dosa kita sehingga dosa-dosa kita berkurang. Saat diberi cobaan pula, Allah menunjukan pada kita bahwa ada nikmat lain yang kadang tidak kita sadari.

Saat diberi cobaan, kita berlatih untuk bersikap bijak dan melatih mental kita agar menjadi mental Berlian.Dan terakhir, saat cobaan itu datang sebetulnya akan ada kebahagiaan yang mengiringinya dan datang pada kita setelahnya. Serta masih banyak lagi alasan kenapa kita harus meikmatiCobaan.
terus gimana caranya agar kita bisa menikmati cobaan itu? hmm *mikir*

Aku selalu yakin dengan firman – firman Allah tentang ujian atau cobaan yang Dia berikan pada hamba-Nya itu. Berikut petikan petikan dalam Al-Qur’an yg menjelaskan tentang Ujian dari Allah :

    “…Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yang sebenar-benarnya)…..” (Q.S 21:35)
    ” Allah tidak membebani seseorang kecuali sesuai dengan kesanggupannya…” (Q.S Al-Baqarah : 286)
    “Sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan.” (Q.S Al-Insyirah : 5-6)
    “Janganlah kau bersedih hat. Sesungguhnya Allah bersama kita.” (Q.S At-Taubah : 40)

    “Jika kamu membantu (agama) Allah, niscaya Dia akan membantumu dan meneguhkan kedudukanmu.” (Q.S Muhammad : 7)


Jadi jangan berharap hidup kita tiada cobaan karna itu sama saja dengan berharap kita mati.Jangan pula kita minta agar masalah itu selalu mudah, karna itu tidak akan menguatkan diri kita.Berharaplah agar kita selalu dikuatkan dalam menghadapi setiap ujian dan cobaan.

Yang perlu diinget nih masalah kita mungkin besar, namun ingatlah masih ada Allah Yang Maha Besar. Tak perlulah kita takut lagi.Mulai sekarang kita belajar menikmati Cobaan, jangan lagi lari atau menolak, itu sikap orang lemah dan pengecut, bukankah kita ini insan yang kuat.
Kita mungkin bisa lari dari masalah, namun kita tidak akan bisa menghindari konsekuensi dari menghindari masalah itu.
So Selamat menikmati ujian kawan 🙂

Kuatkan mereka ya Robb T_T

Subhanallaah…
Seorang anak kecil di Gaza, masih bisa tersenyum manis meskipun kepalanya berdarah-darah.

Sepatutnya kita yang disini malu, gampang mengeluh dan putus asa. Padahal masalah yang kita alami nggak seberapa dibanding anak kecil itu.

Ayo semangat Citt! Ga ada waktu buat galau dan berkeluh kesah!

#NoteToMySelf

Percakapan di Telpon

Seperti biasa setiap malam minggu aku selalu setia di telponi sama sahabat deketku yang ada di pulau seberang, malam itu topik bahasan kami membicarakan mengenai orang tua..
Ririz :

    tau engga’ternyata doa yg paling di dengar itu adalah doa ayah, dan lisan yg paling di dengar itu adalah lisan ibu

aku : “apa iya? ada hadistnya?”

Ririz : “Ada, tapi lupa.”

Aku : (seketika nyesek ) “trus kalo ayahnya udah ga ada lagi gimana?” 😦

Ririz : “Duuh cicit, maaf kalo udah bikin sedih.. meski ga ada ayah yg mendoakan masih ada doa ibu..”

Aku : “iyaa bener, sekarang tugas kitalah yg mendoakan mereka,mendoakan dengan sebaik baik doa,
berbakti dengan cara menjadi anak sholeha, kelak jika Allah mengizinkan aku pasti akan
mempunyai ayah lagi”
🙂

Ririz : “maksudnya? punya ayah lagi?”

Aku : “iyaa,nanti suatu saat jika “seseorang” yg di takdirkan Allah itu datang ke dalam hidupku,
tentunya dia tidak akan datang sendirian kan? dia akan datang memasuki kehidupanku bersama
keluarganya, ayahnya akan menjadi ayahku dan ibunya pun akan menjadi ibuku.. Dan jika saat itu
tiba, aku akan sering sering minta didoakan oleh ayahnya yg juga adalah ayahku” 🙂